Jumat, 07 September 2018

6 Cara untuk Mencintai Tubuh Anda di Hari-Hari Buruk dengan Penyakit Kronis

Berikut ini beberapa praktik yang saya temukan yang membantu saya memupuk rasa welas asih, bahkan pada hari-hari yang paling berat dan menyakitkan.
Bruno van der Kraan | Unsplash

Kesehatan dan kebugaran menyentuh kita masing-masing secara berbeda. Ini adalah kisah satu orang.

Saat memasuki toko, saya melakukan pemindaian biasa dengan mata saya: Berapa banyak tangga di sana? Berapa kursi? Di mana pintunya jika saya harus melangkah keluar?

Dalam waktu yang diperlukan untuk menghitung, teman-temanku menghilang ke ruang bawah tanah yang penuh warna, tangan mereka mengikuti rak-rak gaun dan jaket aneh saat mereka pergi.

Aku menarik napas panjang, menelan kemarahanku yang salah, dan duduk di dekat pintu. Itu bukan kesalahan mereka, saya mengingatkan diri saya sendiri. Budaya kita tidak diatur untuk memahami tubuh yang berfungsi secara berbeda. Bagaimana mereka bisa tahu bagaimana rasanya berguncang saat saya berjalan?

    Bagaimana mereka bisa, muda, berbadan sehat, dan kuat berusia 20-an, tahu bagaimana rasanya beristirahat sebelum naik tangga?

Betapa tidak adilnya, pikirku, terjebak di bawah kulit bengkak ini. Tubuh saya, sekali listrik dan langsing dan sehat, sekarang memegang semua tanda-tanda beberapa tahun penyakit.

Sejak diagnosis penyakit Lyme kronis saya beberapa tahun sebelumnya, saya tidak hanya mempelajari kembali cara merawat diri sendiri secara fisik - saya juga telah belajar kembali cara mengatasi realitas yang berbeda. Satu di mana setiap tindakan membutuhkan perhitungan: Jika saya turun dengan teman-teman saya, akankah saya dapat berjalan kembali ke mobil tanpa mengambil beberapa jeda? Akankah mereka memperhatikan jika saya perlu berhenti dan menunggu, dan apakah saya akan merasa malu jika demikian?

Dalam dunia penyakit kronis saya, pelajaran terbesar yang saya pelajari adalah bagaimana mengelola kesedihan saya dan menemukan penerimaan tubuh yang membutuhkan hal-hal yang berbeda.

Berikut ini beberapa praktik yang saya temukan yang membantu saya memupuk rasa welas asih, bahkan pada hari-hari yang paling berat dan menyakitkan.
1. Periksa faktanya

Ketika merasakan gejala, terutama yang seperti rasa sakit, kelelahan, atau kelemahan, mudah untuk membuat bencana apa yang Anda alami dan menganggap bahwa rasa sakit tidak akan pernah berakhir, atau bahwa Anda tidak akan pernah merasa lebih baik.

Ini sangat sulit dengan penyakit kronis karena kenyataannya, bagi banyak dari kita, kita tidak akan merasa benar-benar lebih baik atau memiliki tingkat energi yang sama atau kurangnya rasa sakit yang dilakukan teman-teman berbadan sehat kita. Namun, ada keseimbangan antara asumsi realitas terburuk dan penerimaan.

Dalam Dialectical Behavior Therapy, ada praktik yang disebut "memeriksa fakta." Ini pada dasarnya berarti melihat apakah pandangan Anda tentang situasi saat ini sejalan dengan kenyataan. Bagi saya, ini bekerja paling baik ketika saya merasakan kecemasan atau kesedihan yang luar biasa di sekitar kondisi saya saat ini. Saya ingin bertanya pada diri sendiri pertanyaan sederhana, "Apakah itu benar?"

Teknik ini membantu ketika otak saya mulai berputar di sekitar rasa mengasihani diri sendiri dan ketakutan, percaya bahwa saya akan selalu sendirian, duduk di kursi sementara teman-teman saya menjelajah.

"Apakah itu benar?" Aku bertanya pada diriku sendiri. Biasanya, jawabannya tidak.

    Hari ini mungkin hari yang berat, tetapi tidak semua hari ini sulit.

2. Berlatihlah bersyukur untuk tubuh Anda - bahkan hanya dengan bernapas

Salah satu hal paling bermanfaat yang telah saya pelajari adalah menyimpan jurnal rasa syukur ketika semuanya berjalan dengan baik.

Di dalamnya, saya perhatikan yang baik: tubuh hangat kucing saya saat saya tidur, menemukan brownies bebas gluten di toko roti, cara cahaya membentang di karpet di pagi hari.

Ini semudah menuliskan hal-hal kecil yang membuat saya merasa baik.

Lebih sulit untuk memperhatikan yang baik di dalam tubuh saya sendiri, tetapi itu juga membantu memulihkan keseimbangan.

    Saya mencoba memperhatikan apa yang dilakukan tubuh saya dengan baik - bahkan jika yang dapat saya pikirkan adalah bahwa saya bernapas dan terus bergerak di seluruh dunia.

Setiap kali saya mendapati diri saya mengkritik tubuh saya, saya mencoba dan membingkai ulang kritik itu dengan rasa syukur bahwa tubuh saya bekerja keras untuk melawan penyakit.
3. Jaga perawatan diri sederhana, tetapi disengaja

Seringkali perawatan diri diiklankan sebagai urusan luar biasa, seperti hari di spa, pijat, atau berbelanja. Hal-hal itu menyenangkan dan bermanfaat, tentu saja, tetapi saya sering menemukan lebih banyak kesenangan dari perawatan diri yang sederhana dan disengaja.

Bagi saya, ini adalah mandi atau mandi dan kemudian menggunakan lotion favorit sesudahnya; menuangkan segelas air dan meminumnya sambil menyadari kebaikan yang saya berikan pada tubuh saya; merencanakan tidur siang di sore hari dan menikmati ketenangan tenang yang datang ketika aku bangun, santai dan bebas rasa sakit.

Saya menemukan bahwa merencanakan cara untuk merawat diri sendiri, bahkan jika itu hanya mencuci rambut atau menyikat gigi, membantu memulihkan keseimbangan dalam hubungan Anda dengan tubuh yang sakit akibat penyakit kronis.
4. Advokasi untuk diri Anda sendiri

Setelah kembali ke rumah dari berbelanja dengan teman-teman saya, saya merangkak ke tempat tidur dan mulai menangis.

Kami sedang dalam perjalanan akhir pekan bersama, tinggal di rumah bersama, dan saya takut untuk mengakui betapa beratnya hari itu bagi saya. Saya merasa lelah, kalah, dan malu karena tubuh saya yang gagal.

Aku tertidur lelap, lelah dan pegal, dan keluar dari kamarku beberapa jam kemudian untuk menemukan teman-temanku terjaga dan menunggu di dapur. Makan malam sudah dibuat, set meja, dan beberapa kartu menunggu di tempat dudukku.

"Kecacatan membuat hal-hal begitu sulit," kata satu kartu.

"Kami mencintai siapa Anda, selalu, tidak peduli," kata yang lain.

Dalam diriku, sesuatu melunak. Oh, saya pikir, penyakit saya bukanlah sesuatu yang memalukan. Sungguh hadiah, memiliki teman yang baik seperti itu. Sungguh ruang yang aman, pikir saya, untuk berlatih mengadvokasi apa yang saya butuhkan.

    Jadi, dalam lingkaran orang-orang yang baik hati, saya menjelaskan bagaimana jika kami berada di luar untuk jangka waktu yang lama, saya perlu beristirahat. Bagaimana tangga terkadang sulit. Bagaimana saya harus memastikan ada tempat yang memiliki kursi atau ruang untuk duduk jika saya merasa lelah.

Mereka mendengarkan, dan saya melunak lebih jauh. Advokasi adalah kerja keras, karena selalu ada rasa takut akan penolakan, dan lebih dari itu, rasa takut tidak pantas berbicara atas apa yang Anda butuhkan.

Bicaralah. Itu sepadan. Orang-orang akan mendengarkan. Dan jika mereka tidak, temukan orang yang akan melakukannya.
5. Beralih ke model peran positif tubuh

Salah satu cara favorit saya untuk mendorong diri saya pada hari-hari yang buruk adalah dengan melihat model peran positif tubuh. Ini sangat relevan bagi saya ketika saya merasa malu tentang kenaikan berat badan atau penampilan fisik tubuh saya.

Akun Instagram @bodyposipanda adalah contoh yang baik, serta situs The Body Is Not an Apology. Cari orang dan model peran yang membuat Anda merasa bangga dengan bentuk apa pun Anda dan apa pun yang dibutuhkan tubuh Anda saat ini.

Ingat, setiap bentuk atau bentuk atau berat atau nomor masih layak untuk dicintai, diperhatikan, dan dirawat. Tidak ada versi dari Anda atau tubuh Anda yang menganggap Anda tidak layak dari hal-hal semacam itu. Tidak ada.
6. Ingat bahwa perasaan Anda valid

Akhirnya, biarkan diri Anda merasakan. Seperti klise saat ini terdengar, itu sangat penting.

Pada hari aku kembali dari berbelanja dan membiarkan diriku menangis, aku merasakan kesedihan yang nyata. Dukacita yang dalam, penuh, dan luar biasa bahwa saya hidup di dunia di mana orang bisa menjadi sakit dan tidak menjadi lebih baik. Itu tidak pergi. Tidak ada rasa syukur, perawatan diri yang disengaja, atau apa pun yang akan membuat itu berbeda.

Bagian dari mencintai tubuh Anda pada hari-hari yang buruk, saya pikir, hanya membungkus diri Anda dengan pengetahuan bahwa akan selalu ada hari-hari yang buruk. Hari-hari buruk itu menghisap dan tidak adil. Terkadang mereka datang dengan kesedihan dan kesedihan begitu besar hingga Anda khawatir itu akan menelan Anda.

Biarkan itu benar. Biarkan diri Anda sedih atau marah atau berduka cita.

Kemudian, ketika gelombang berlalu, lanjutkan.

Hari-hari baik juga ada, dan Anda dan tubuh Anda akan berada di sana ketika mereka tiba.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar