Jumat, 07 September 2018

Tolong Berhenti Menggunakan Penyakit Mental Saya untuk Memenuhi Fantasi Anda

Saya telah menemukan mitos seksis dan jimat seputar orang-orang dengan gangguan kepribadian ambang yang meresap - dan menyakitkan.
Kredit gambar Header: Stocksy

Kesehatan dan kebugaran menyentuh kita masing-masing secara berbeda. Ini adalah kisah satu orang.

Sejak saya berumur 14 tahun, kata-kata "monitor untuk kepribadian atau gangguan suasana hati" ditulis dengan huruf tebal di bagan medis saya.

Hari ini adalah hari itu, saya pikir pada hari ulang tahun saya yang ke-18. Sebagai seorang dewasa hukum, saya akhirnya mendapatkan diagnosis kesehatan mental resmi saya setelah bertahun-tahun dikirim dari satu program perawatan kesehatan mental ke yang berikutnya.

Di kantor terapis saya, dia menjelaskan, "Kyli, Anda memiliki masalah kesehatan mental yang disebut gangguan kepribadian borderline."

Dengan rasa optimis yang naif, saya merasa lega bahwa akhirnya saya memiliki kata-kata untuk menggambarkan perubahan suasana hati, perilaku menyakiti diri sendiri, bulimia, dan emosi intens yang saya alami terus-menerus.

Namun ekspresi menghakimi di wajahnya membuatku percaya bahwa rasa pemberdayaan baruku akan berumur pendek.
Mitos yang paling banyak dicari: ‘Garis batas adalah kejahatan

Aliansi Nasional Penyakit Mental (NAMI) memperkirakan antara 1,6 dan 5,9 persen orang dewasa Amerika memiliki gangguan kepribadian ambang (borderline personality disorder / BPD). Mereka mencatat sekitar 75 persen orang yang menerima diagnosis BPD adalah wanita. Penelitian menunjukkan faktor biologis dan sosiokultural mungkin menjadi penyebab kesenjangan ini.

Untuk menerima diagnosis BPD, Anda harus memenuhi lima dari sembilan persyaratan kriteria yang ditetapkan dalam edisi baru Diagnostik dan Statistik Manual untuk Gangguan Mental (DSM-5). Mereka:

    perasaan diri yang tidak stabil
    ketakutan ketakutan akan ditinggalkan
    masalah mempertahankan hubungan interpersonal
    perilaku bunuh diri atau menyakiti diri sendiri
    ketidakstabilan suasana hati
    perasaan hampa
    disosiasi
    ledakan kemarahan
    impulsivitas

Pada 18, saya memenuhi semua kriteria.

Ketika saya meneliti situs web yang menjelaskan penyakit mental saya, harapan saya untuk masa depan saya dengan cepat berubah menjadi rasa malu. Tumbuh melembagakan dengan remaja lain yang hidup dengan penyakit mental, saya tidak sering terkena stigma kesehatan mental.

Tetapi saya tidak perlu menjelajahi sudut gelap internet untuk menemukan apa yang dipikirkan banyak orang tentang wanita dengan BPD.

    "Borderlines jahat," baca pencarian pelengkapan otomatis pertama di Google.

Buku self-help untuk orang-orang dengan BPD memiliki judul seperti “Lima Jenis Orang yang Dapat Menghancurkan Hidup Anda.” Apakah saya orang jahat?

Saya belajar dengan cepat untuk menyembunyikan diagnosis saya, bahkan dari teman dekat dan keluarga. BPD merasa seperti surat merah, dan aku ingin menyimpannya sedekat mungkin dari kehidupanku.
Kencan dengan ‘Manic Pixie Dream Girl’

Kerinduan untuk kebebasan yang sangat saya kurang selama masa remaja saya, saya meninggalkan pusat perawatan saya sebulan setelah ulang tahun saya yang ke-18. Saya merahasiakan diagnosis saya, sampai saya bertemu dengan pacar pertama saya yang serius beberapa bulan kemudian.

Dia menganggap dirinya sebagai seorang hipster. Ketika saya menceritakan padanya bahwa saya menderita BPD, wajahnya berseri-seri dengan kegirangan. Kami tumbuh ketika film seperti "The Virgin Suicides" dan "Garden State," di mana karakter utama menjadi tergila-gila dengan versi satu dimensi wanita sakit mental, berada di puncak popularitas mereka.

    Karena ini Manic Pixie Dream Girl trope, saya percaya ada daya tarik tertentu baginya untuk memiliki pacar yang sakit mental.

Rasanya tidak mungkin untuk menavigasi standar yang tidak realistis yang saya rasakan harus saya jalani sebagai seorang wanita muda - seorang wanita yang sakit mental, untuk boot. Jadi, saya merasa putus asa untuk menormalkan cara dia mengeksploitasi BPD saya.

Saya ingin penyakit mental saya diterima. Saya ingin diterima.

Ketika hubungan kami berkembang, ia menjadi terpikat dengan aspek-aspek tertentu dari kelainan saya. Saya adalah seorang pacar yang kadang-kadang berisiko, impulsif, seksual, dan empati terhadap suatu kesalahan.

Namun, saat gejala saya bergeser dari "aneh" menjadi "gila" dari sudut pandangnya - perubahan suasana hati, tangisan yang tidak dapat dikendalikan, pemotongan - saya menjadi sekali pakai.

Realitas perjuangan kesehatan mental tidak menyisakan ruang untuk fantasi Manic Pixie Dream Girl-nya untuk berkembang, jadi kami putus tidak lama kemudian.
Foto melalui Kyli Rodriguez-Cayro
Di luar film

Sejauh yang saya rasakan, masyarakat kita berpegang teguh pada mitos bahwa perempuan dengan garis batas tidak dapat dicintai dan benar-benar beracun dalam hubungan, perempuan dengan BPD dan penyakit mental lainnya juga diobjekikasi.

Dr Tory Eisenlohr-Moul, asisten profesor psikiatri di University of Illinois di Chicago, mengatakan kepada Healthline bahwa banyak perilaku wanita dengan tampilan batas “mendapat imbalan dari masyarakat dalam jangka pendek, tetapi dalam jangka panjang, menjadi sangat kasar. dihukum. "

Secara historis, ada ketertarikan yang intens dengan wanita yang sakit jiwa. Sepanjang abad ke-19 (dan jauh sebelum itu), wanita yang dianggap sakit dengan histeria berubah menjadi kacamata teater untuk dokter pria yang didominasi untuk melakukan eksperimen publik. (Lebih sering daripada tidak, “perawatan” ini tidak masuk akal.)

“Ini [mental stigma kesehatan] bermain lebih keras untuk wanita dengan batas, karena masyarakat kita begitu siap untuk memecat wanita sebagai‘ ​​gila. ’- Dr. Eisenlohr-Moul

Pengetahuan yang melingkupi wanita yang sakit mental parah telah berevolusi dari waktu ke waktu untuk merendahkan mereka dengan cara yang berbeda. Contoh yang patut dicatat adalah ketika Donald Trump muncul di "The Howard Stern Show" pada tahun 2004, dan dalam diskusi tentang Lindsay Lohan, berkata, "Mengapa para wanita yang sangat bermasalah, Anda tahu, sangat, sangat bermasalah, mereka selalu yang terbaik tidur?"

Terlepas dari betapa meresahkannya komentar Trump, stereotip bahwa wanita "gila" hebat dalam seks adalah hal yang biasa.

Entah dipuja atau dibenci, dilihat sebagai one-night stand, atau jalan menuju pencerahan, saya merasakan beban stigma yang selalu melekat pada gangguan saya. Tiga kata kecil - “Saya batas” - dan saya dapat melihat pergeseran mata seseorang saat mereka membuat backstory untuk saya dalam pikiran mereka.
Konsekuensi kehidupan nyata dari mitos-mitos ini

Ada risiko bagi kita yang jatuh ke dalam inti dari kedua kemampuan dan seksisme.

Satu studi 2014 mengungkapkan 40 persen wanita dengan penyakit mental berat telah diserang secara seksual saat dewasa. Di luar itu, 69 persen juga melaporkan mengalami beberapa bentuk kekerasan dalam rumah tangga. Kenyataannya, perempuan dengan disabilitas dalam bentuk apa pun lebih mungkin mengalami kekerasan seksual daripada perempuan tanpa kekerasan seksual.

Ini menjadi sangat merusak dalam konteks penyakit mental seperti BPD.

Meskipun pelecehan seksual masa kanak-kanak tidak dianggap sebagai faktor penting dalam mengembangkan BPD, penelitian menunjukkan bahwa antara 40 dan 70 persen orang dengan BPD juga mengalami trauma seksual masa kanak-kanak.

Sebagai korban pelecehan seks anak kecil, saya menyadari melalui terapi yang dikembangkan BPD saya sebagai akibat dari penganiayaan yang saya alami. Saya telah belajar bahwa, meskipun tidak sehat, ide bunuh diri harian saya, menyakiti diri sendiri, gangguan makan, dan impulsif semuanya hanya mekanisme penanggulangan. Mereka adalah cara saya berkomunikasi, "Anda harus bertahan hidup, dengan cara apa pun yang diperlukan."

Meskipun saya telah belajar untuk menghormati batasan saya melalui perawatan, saya masih dipenuhi dengan kecemasan yang terus-menerus bahwa kerentanan saya dapat menyebabkan lebih banyak pelecehan dan revictimization.
Di luar stigma

Bessel van der Kolk, MD, menulis dalam bukunya "The Body Keeps The Score," bahwa "budaya membentuk ekspresi stres traumatis." Meskipun ini benar trauma, saya tidak bisa tidak percaya peran jender telah memainkan peran penting. bagian dalam mengapa wanita dengan BPD secara khusus dikucilkan atau diobjekkan.

"Ini [stigma] bermain lebih keras untuk wanita dengan batas, karena masyarakat kita begitu siap untuk mengabaikan wanita sebagai 'gila,'" kata Dr Eisenlohr-Moul. "Hukuman bagi seorang wanita yang impulsif jauh lebih besar daripada seorang pria yang impulsif."

Bahkan saat saya mengalami kemajuan dalam pemulihan kesehatan mental dan menemukan cara mengelola gejala batas saya dengan cara yang sehat, saya telah belajar bahwa perasaan saya tidak akan pernah cukup tenang bagi sebagian orang.

Budaya kita sudah mengajarkan wanita untuk menginternalisasi kemarahan mereka dan kesedihan mereka: untuk dilihat, tetapi tidak didengar. Wanita dengan batas - yang merasa berani dan mendalam - adalah antitesis lengkap tentang bagaimana kita diajarkan bahwa wanita seharusnya.

Memiliki batas sebagai seorang wanita berarti terus terperangkap dalam baku tembak antara stigma kesehatan mental dan seksisme.

Saya biasa memutuskan dengan hati-hati dengan siapa saya berbagi diagnosis. Tapi sekarang, saya hidup tanpa rasa bersalah dalam kebenaran saya.

Stigma dan mitos masyarakat kita melanggeng bagi perempuan dengan BPD bukanlah salib kita untuk menanggungnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar